Awas, Kebiasaan Ini Merusak Ponsel

8
103

Ponsel menjadi salah satu alat yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain karena kebutuhan komunikasi, ponsel juga digunakan sebagai gaya hidup dan penunjuk kelas dari masyarakat. Karena fungsinya yang penting, orang-orang kerap membawa alat komunikasi ini kemana saja.

Meski selalu menemani keseharian, tidak jarang orang lupa melakukan perawatan terhadap perangkat yang satu ini. Padahal, jika salah satu saja komponen dari ponsel rusak, maka kinerja dari perangkat ini akan menurun.

Beberapa kebiasaan-kebiasaan ini tanpa disadari ternyata dapat merusak ponsel. Kenali kebiasaan buruk tersebut agar ponsel anda tetap awat dan bisa digunakan dalam waktu lama. Berikut ini adalah kebiasaan yang dapat membuat ponsel mudah rusak.

1. Dibiarkan mengisi daya semalaman

Kebiasaan yang sering dilakukan terhadap ponsel adalah dengan mengisi dayanya semalaman. Dengan alasan agar baterai dari ponsel tersebut tetap penuh ketika digunakan pada keesokan harinya. Namun sebenarnya, dengan mengisi daya semalaman akan membuat baterai ponsel menjadi bocor dan pada akhirnya akan mengalami kerusakan.

2. Tidak pernah dimatikan

Kebiasaan pertama yang dapat merusak ponsel adalah jarang sekali atau bahkan tidak pernah mematikan ponsel jika sedang tidak dipakai. Padahal sebenarnya, apabila kita rutin mematikan ponsel maka akan menjaga ketahanan baterai. Ponsel itu sama dengan manusia yang juga membutuhkan waktu untuk istirahat agar komponen yang ada di dalamnya tetap terjaga.

3. Membiarkan Wi-Fi dan Bluetooth menyala

Terbiasa tidak mematikan Wi-Fi atau Bluetooth setelah menggunakannya. Hal tersebut akan membuat ponsel terus mencari jaringan yang bisa ditangkap. Dengan melakukan hal ini justru akan membuat baterai cepat habis. Untuk itu, jangan pernah lupa untuk mematikan keduanya jika sudah tidak digunakan, dengan begitu baterai ponsel akan tetap awet.

4. Digunakan dalam suhu ekstrem

Ponsel seharusnya digunakan dalam suhu ruangan 16 hingga 30 derajat celcius. Dilarang keras untuk menggunakan ponsel dengan suhu di bawah 0 derajat ataupun di atas 30 derajat celcius. Selain itu, kita juga tidak boleh menggunakan ponsel dengan paparan sinar matahari secara langsung. Hal itu dilakukan untuk menghindari peningkatan suhu pada mesin ponsel.

5. Menggunakan pengisi daya tidak resmi

Banyak orang yang sembarangan saja menggunakan pengisi daya yang tidak resmi. Hal tersebut dikarena pengisi daya yang resmi jauh lebih mahal. Namun sebenarnya pengisi daya yang tidak resmi justru dapat merusak ponsel yang anda miliki. Meskipun ukuran port-nya sama, voltase yang dibutuhkan setiap ponsel memiliki perbedaan. Jika terus digunakan akan memunculkan kerusakan dan mungkin saja pada akhirnya baterai akan terbakar.

6. Tidak dibersihkan

Untuk sekedar diketahui, sebenarnya ponsel itu adalah sarang kuman. Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa ponsel jauh lebih kotor daripada dudukan toilet atau tempat cuci piring. Hal yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan ponsel anda secara rutin. Caranya cukup dengan melapnya menggunakan kain lembut. Bahkan, jika perlu gunakan sinar ultraviolet untuk membunuh kuman dan mensterilkan ponsel dari kuma.

Setelah mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak ponsel, kita tentu saja harus lebih hati-hati dalam menggunakannya. Hal tersebut harus dilakukan agar ponsel anda tidak mengalami kerusakan. Karena jika sudah rusak, pada akhirnya anda juga yang akan kerepotan.

8 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda