Kenali Gejala Stres Akibat Smartphone

0
66

Penggunaan smartphone saat ini berkembang sangat pesat dan semakin mempermudah manusia. Namun alat komunikasi yang mendekatkan jarak ini kehadirannya justru menghadirkan masalah baru. Kecanduan smartphone menyebabkan gelisah yang akhirnya berdampak pada stres yang memicu gangguan kesehatan.

Dalam sebuah studi, ditemukan bahwa anak muda saat ini tidak bisa lepas dari teknologi dan terkoneksi selama 24 jam penuh. Berikut ini adalah gejala bahwa anda atau teman-teman anda mengalami gejala stres akibat dari penggunaan smartphone.

1. Merasa Ada Kebutuhan Harus Segera Merespon

Masalah pertama yang biasa terjadi ketika anda menggunakan smartphone adalah merasa ada kebutuhan yang harus segera direspon. Setiap kali ada email, online chat atau notifikasi di dunia maya anda sering sekali merasa harus segera meresponnya. Aktivitas seperti ini biasanya akan membuat interaksi di dunia nyata anda terganggu. Misalnya saja ketika presentasi, kuliah dan bersenda gurau dengan teman terbatas. Sehingga menyebabkan anda mempunyai perilaku yang komplusif.

Hal yang harus anda lakukan untuk menghindari hal tersebut adalah sesekali menjauhkan diri dari gadget kesayangan anda tersebut. Anda harus menyadari bahwa tidak semua pesan teks tersebut butuh untuk segera di balas.

2. Mengalami Gejala Phantom Cellphone Syndrome

Sindrom Phantom Cellphone adalah sindrom yang ditandai dengan perasaan bahwa telepon anda bergetar di dalam tas. Namun, ketika anda melihat handphone tersebut ternyata tidak ada notifikasi apapun. Sindrom Phantom ini akan anda alami ketika anda kecanduan dengan teknologi dan saat ini telah menjangkiti sebagian besar orang yang menggunakan ponsel pintar.

Sebuah studi yang dilakukan di Indiana University menemukan bahwa 89 persen pelajar dan mahasiswa pernah mengalami ‘vibrasi palsu’ saat membawa-bawa ponsel mereka.

3. Gelisah karena Social Media

Seseorang yang sudah kecanduan menggunakan sosial media akan selalu memikirkan apa yang dilakukan oranglain di sosial media, berita atau kabar apa saja yang bereda di dunia maya, atau gelisah karena tidak melihat postingan foto orang setiap menitnya. Orang yang mengalami gejala ini bisa dikatakan terjangkit FOMO (fear of missing out).

FOMO ini ditandai dengan adanya hasrat untuk mengecek News Feed atau timeline. Atau apabila ia memposting sesuatu, orang ini akan mengharapkan adanya reply atau komentar dari akun sosial media lainnya. Dia juga akan merasa gelisah apabila ada orang lain yang mendapat banyak respon dalam waktu beberapa menit setelah memposting sesuatu.

4. Cuek dengan Orang yang Ada di Hadapannya

Penggunaan smartphone sering kali membuat kita cuek dengan keadaan sekitar. Seperti saat sedang bersama teman, keluarga ataupun rekan kerja, ketika ada ponsel di dekat kita akan membuat kita tidak fokus kepada perkumpulan tersebut. Apapun yang menjadi topik pembicaraan akan anda anggap tidak menarik karena anda asik sendiri dengan smartphone yang sedang anda genggam.

Terus menerus mengecek timeline, komentar, BBM ataupun online chat akan membuat orang di sekitar anda menjadi tidak dianggap. Hal tersebut tentu saja akan menjauhkan anda dari orang-orang terdekat dan hubungan pertemanan anda pada akhirnya akan merenggang. Untuk menghindari hal tersebut agar tidak terjadi adalah dengan membatasi penggunaan smartphone kala berkumpul dengan orang terdekat.

5. Cemas Jika Jauh dari Ponsel

Perasaan cemas saat berada jauh dari ponsel anda di sebut dengan nomophobia. Sebutan ini ditujukan untuk orang-orang yang tidak dapat hidup jauh dari ponsel atau jaringan internet. Hal tersebut ditandai dengan ketidaksanggupan untuk mematikan atau menonaktifkan ponsel, mengisi ulang baterai dalam jangka waktu yang berdekatan dan tidak bisa meninggalkan ponsel bahkan saat pergi ke kamar mandi.

Apabila gangguan tersebut sampai dengan tahap yang lebih parah lagi maka akan menyebabkan stres atau depresi. Gangguan mental seperti ini sebaiknya anda atasi dengan bantuan psikologi atau psikiater.

Nah apakah anda pernah mengalami gejala di atas? Mulailah waspada dan mulai menjauhkan diri dari Smartphone. Kondisi normal memegang smartphone satu hari adalah tiga sampai empat jam, jika lebih dari itu, maka hal ini akan berdampak pada kehidupan anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda