5 Tips Diet Sehat Untuk Si Penderita Gagal Ginjal

2
141

Gagal ginjal didefenisikan sebagai suatu kondisi dimana terjadi penurunan fungsi ginjal hingga pada akhirnya tidak dapat bekerja sama sekali. Untuk itu, penderita gagal ginjal harus benar-benar menjaga asupan makanan yang mereka konsumsi. Hal tersebut dikarenakan ginjal mempunyai peran yang sangat penting bagi tubuh manusia, yaitu sebagai penyaring elektrolit tubuh, serta juga menjaga keseimbangan zat kimia dan cairan tubuh.

Bagi penderita gagal ginjal tentu harus menjaga pola makan karena ada banyak makanan yang justru akan memperparah penyakit ginjal yang dialami. Selain itu, menjaga pola makan juga bertujuan agar kesehatan tubuh tidak semakin menurun kareana penderita gagal ginjal ini diharuskan secara rutin untuk menjalani terapi hemodialisis selama untuk mengeluarkan limbah tubuh. Maka dari itu, diperlukan untuk mengkonsumsi makanan yangs sehat.

Hal tersebut kadang membuat si penderita gagal ginjal untuk melakukan diet ketat yang bertujuan untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dan menjaga agar pasien gagal ginjal tetap bisa beraktivitas seperti orang normal.

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika memilih makanan yang akan dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal. Berikut ini adalah menu diet yang tepat untuk penderita gagal ginjal yang disarankan oleh NKUDIC (National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse).

1. Mengonsumsi Makanan Berprotein

Tips diet pertama yang dapat dilakukan untuk penderita gagal ginjal adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein. Kandungan protein ini dapat diperoleh dari ayam, ikan, dan daging namun dalam jumlah yang seimbang dalam arti tidak berlebihan.

2. Mengontrol Asupan Potasium

Tips diet selanjutnya yaitu selalu mengontrol jumlah konsumsi dari potasium (kalium). Untuk itu, jika bisa hindarila buah-buahan seperti jeruk, pisang serta kacan-kacangan. Selain itu, cokelat dan sayuran sebaiknya juga dihindari karena mengandung potasium yang cukup tinggi. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang yang mengandung potasium akan dapat membahayakan jantung anda.

3. Mengontrol Jumlah Air yang Dikonsumsi

Gagal ginjal berarti ginjal kita tidak bekerja, untuk itu kontrollah konsumsi dari air. Hal tersebut dikarenakan apabila ginjal tidak bekerja makan air akan lebih cepat menumpuk dalam tubuh anda. Apabila terlalu banyak cairan yang ada dalam tubuh, maka akan membuat jaringan membengkak dan dapat menyebabkan gangguan pada jantung, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah serta akan mengalami kram selama dialisis.

4. Hindari Garam

Untuk penderita gagal ginjal ada baiknya untuk menghindari pengkonsumsian dari garam. Hal tersebut dikarenakan makanan yang cenderung asing dan tinggi garam akan menyebabkan anda akan cepat merasa haus dan menahan air di tubuh anda.

5. Hindari Makanan Berfosfor Tinggi

Tips diet terakhir yang disarankan untuk penderita gagal ginjal adalah menghindari makanan berfosfor tinggi. Makanan yang berfosfor tinggi itu terdapat dalam keju, susu, kacang-kacangan yang dikeringkan. Makanan yang mengandung banyak fosfor apabila masuk ke dalam darah akan mengakibatkan kalsium ‘pergi’ dari tulang anda dan pada akhirnya akan membuat tulang menjadi lapuh, lemah serta dapat menyebabkan radang sendi.

Itulah 5 tips diet yang baik dan sehat untuk menderita gagal ginjal. Jagalah pola makan dan pola hidup anda, agar penyakit tersebut tidak semakin membahayakan.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda