9 Cara Tingkatkan Kinerja Otak

0
177

Otak merupakan organ terpenting bagi manusia. ia adalah pusat dari sistem syaraf yang berfungsi dalam mengatur gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh homeostasis serta melatih emosi, ingatan dan motorik.

Begitu besarnya peran otak sehingga kita harus terus menjaga dan meningkatkan agar kinerja otak tetap optimal. Lalu bagaimana cara meningkatkan kinerja otak tersebut?

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja dari otak adalah dengan melatih dan memodifikasi hal-hal yang dapat meningkatkan kinerja otak. Berikut ini merupakan 9 cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak agar menjadi lebih baik.

1. Tertawa

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja adalah dengan aktivitas tertawa. Ternyata tertawa bukan hanya sebagai obat terbaik, namun juga dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi otak serta mensimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Dengan demikian, perbanyaklah aktivitas tertawa anda setiap harinya dapat dilakukan dengan menonton film komedi atau bercerita hal-hal lucu dengan teman.

2. Pergi Berjalan Kaki

Berjalan kaki ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Dengan berkjalan kaki maka dapat menyegarkan pikiran dan dapat mengurangi kecakapan mental yang mengganggu logika dan pikiran kita. Menuju ke sebuah tempat yang dilakukan dengan berjalan kaki makan akan menyingkirkan awan kelabu serta dapat membantu pikiran untuk tetap jernih.

3. Konsumsi Dosis EPA Secukupnya

EPA merupakan bahan kimia yang ada dalam minyak ikan. EPA merupakan makanan bagi otak manusia yang hampir semua orang sudah mengetahuinya. Riset membuktikan bahwa minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas otak, memperlancar peredaran darah dan meningkatkan memori serta konsentrasi. Untuk itu, jangan ragu untuk mengkonsumsi kapsul minyak ikan setiap harinya untuk meningkatkan kinerja otak kita.

4. Bercinta Secara Teratur

Tahukah anda ternyata melakukan bercinta secara teratur akan meningkatkan kinerja otak? Hal tersebut ternyat dikarenakan ketika berhubungan bercinta dapat melepaskan senyawa kimia yang dapat meningkatkan kinerja otak. Hal tersebut terdapat dalam buku Teach yourself. Training your Brain” yang ditulis oleh seorang pengajar serta ali biologi. Bercinta merupakan bentuk sempurna dari latihan, yang ternyata juga bisa meningkatkan peredaran darah ke otak. Dengan bercinta secara teratur akan dapat mengurangi stress dan ketegangan yang dapat menurunkan efisiensi kinerja otak.

5. Kerjakan Sebuah Teka-Teki Silang

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak ialah dengan mengerjakan sebuah teka-teki seperti sudoku atau yang lainnya. Dengan melakukan hal tersebut akan membuat otak anda tetap dalam kondisi terbaik. Sama seperti otot, apabila tidak rutin dilatih maka ia akan kehilangan kemampuannya untuk bisa bekerja secara maksimal.
6. Mempelajari Bahasa Baru

Mempelajari bahasa baru dapat menurunkan sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan empat tahun. Hal ini berkaitan erat dengan peningkatan peredaran darah dan koneksi saraf yang baik.

7. Menjadi Kreatif

Menjadi kreatif adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja otak. Menjadi kreatif memungkinkan anda untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama serta dapat meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan. Untuk itu, mulai saat ini jadilah kreatif. Hal ini dapat anda lakukan dengan melukis, ataupun mempelajari alat musik baru.

8. Belajar Melempar Barang

Belajar melempar barang dapat juga digunakan untuk meningkatkan kinerja otak manusia. Riset mengenai hal ini telah dilakukan di Universitas Regensburg di Jerman dengan memindai otak dari seorang pemain sulap yang melemparkan barang dan menemukan bahwa kegiatan yang mereka lakukan dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama tiga bulan, otak akan menunjukkan peningkatan signifikan pada bagian kedua yaitu bagian mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri. Jadi, mulai saat ini belajarlah untuk melempar barang agar kinerja otak semakin meningkat.

9. Berhubungan Dengan Sifat Kekanak-kanakan

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak adalah dengan membebaskan pikiran anda dari penjara pikiran “seorang dewasa”.

Cobalah lihat anak-anak, mereka penuh dengan imajinasi, dan mereka belajar lebih banyak pada tahun-tahun awal kehidupan mereka lebih daripad yang kita pelajari selama satu dekade.

Siapa tahu dengan melepaskan pikiran dewasa, anda akan menemukan cara berpikir yang belum pernah anda kira sebelumnya. Dengan hal tersebut, mungkin saja anda akan membuat sebuah penemuan besar yang berikutnya.

Itulah 9 cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak. Selain itu, jagalah juga pola makan serta pola hidup sehat. Agar organ terpenting dalam tubuh kita ini dapat berfungsi secara maksimal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda