Alasan Merasa Pusing Setiap Kena Hujan

0
86

 

Kita terkadang tidak bisa memprediksi kapan hujan akan turun. Jadi, kebanyakan orang kehujanan dalam perjalanan mereka. Tahukah anda, sebagian orang yang terkena hujan tersebut akan merasa pusing? Apa penyebabnya? Mengapa air hujan dapat membuat kita pusing? Berikut ini alasannya.

Pada umumnya yang menjadi penyebab seseorang mengalami sakit setelah terkena hujan adalah paparan suhu dingin yang tidak bisa atau mendadak sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh serta penyempitan pembuluh darah.

Ketika hujan turun atau cuaca dingin, ternyata virus akan menyebar dengan cepat lalu menginfeksi satu sama lain. Hal itulah yang membuat seseorang jadi lebih mudah mengalami sakit karena sistem kekebalan tubuh yang ikut menurun.

Lalu kenapa setelah terkena hujan bisa menyebabkan sakit kepala? Hal tersebut dikarenakan air hujan dapat membuat suhu tubuh lebih dingin terutama di daerah kepala. Kondisi tersebutlah yang membuat tubuh berusaha untuk mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurasi rasa dingin tersebut.

Selain itu, air hujan yang turun ternyata juga mengandung gas-gas atau senyawa yang ada di udara sehingga lebih bersifat asam. Konsentrasi asam dari gas dan senyawa ini akan semakin besar apabila hujan yang terjadi hanya rintik-rintik atau gerimis saja. Meskipun hanya gerimis tapi juga dapat menyebabkan orang yang terkenanya akan mengalami sakit.

Selain itu, penyebab lainnya adalah tekanan udara yang rendah saat hujan atau mendung juga turut mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga memicu terjadinya sakit kepala atau penyakit lainnya.

Pada studi tersebut, peneliti memberikan anak-anak komputer genggam yang dapat mereka gejala sakit kepala yang mereka alami selama dua minggu. Setelah peneliti tersebut melakukan perbandingan informasi tersebut dengan menggunakan kondisi cuaca yang ada saat itu.

Berdasarkan sebuah penelitian, dalam sebuah studi yang melibatkan 25 anak-anak serta remaja yang mempunyai riwayat penyakit migran dan sakit kepala kronis. Ditemukan kesimpulan bahwa anak-anak cenderung lebih sering sakit kepala saat cuaca hujan atau kelembabannya lebih tinggi dibandingkan biasanya 3 kali lebih memungkinkan dibandingkan ketika kondisi udaranya kering.

Untuk menghindari sakit kepala atau pusing setelah terkena hujan maka dianjurkan anda untuk mandi dengan air hangat. Hal tersebut dilakukan agar suhu tubuh kita cepat kembali normal. Cara lain yang dapat dilakukan adalah segera membilas rambut yang terkena hujan. Tujuannya adalah agar menghilangkan senyawa-senyawa dan gas bersifat asam yang terbawa dalam hujan tersebut. Setelah itu, gantilah baju yang basah tadi agar suhu tubuh tidak semakin dingin yang akan membuat kekebalan tubuh semakin menurun dan menghindari masalah kulit.

Ada baiknya apabila hujan turun anda berteduh terlebih dahulu untuk menghindari terkena air hujan tersebut. Namun, jika sudah terlanjur terkena guyuran hujan dan tidak ada tempat berteduh, sesampainya di rumah segera lah mandi.

Itulah alasan mengapa terkena air hujan dapat menyebabkan sakit kepala atau pusing. Semoga bermanfaat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda