Cara Aneh Isi Ulang Baterai Smartphone

0
149

Mengisi ulang baterai merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk membuat ponsel atau smartphone tetap menyala. Namun, ternyata ada banyak cara yang dilakukan oleh pengguna ponsel untuk mengisi baterai tanpa menggunakan bantuan tenaga listrik.

Penggunaan power bank saat ini sering menjadi pilihan untuk mengisi ulang baterai ponsel ketika sulit untuk menemukan sumber listrik.Tetapi, tahukah Anda ternyata ada beberapa cara unik dan aneh yang dijadikan alternatif untuk mengisi baterai ponsel? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Charger Menggunakan Urine

Sejumlah ilmuwan dari Bristol Robotics Laboratory dan University of Bristol berhasil menemukan penemuan mereka dengan sebutan Microbal MFC. Ilmuwan tersebut berhasil menciptakan metode untuk menumbuhkan sejenis bakteri bermanfaat. Bakteri tersebut dapat dimanipulsikan untuk mengubah urin menjadi zat ceramic clylinder. Zat inilah yang diyakini mampu untuk menghasilkan energi listrik statis yang pada akhirnya ditampung dalam kapasitator sebelum dialirkan ke baterai ponsel.

2. Sole Power, Ngecas dengan Berjalan Kaki

Sole Power atau mengecas dengan berjalan kaki merupakan inovasi yang dilakukan oleh dua mahasiswa teknik yang bernama Matthew Staton dan Hana Alexander dari Carniege Mellon University, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Pada awalnya, kedua mahasiswa tersebut hanya merancang Sole Power untuk menyalakan LED di bagian bawah sepatu sebagai senter. Akan tetapi, akhirnya mereka memutuskan untuk mengembangkan Sole Power untuk kebutuhan yang lebih luas lagi yaitu untuk pengisian baterai.

Sol khusus yang digunakan di dalam sepatu akan menangkap energi kinetik dan menyimpannya dalam cadangan baterai eksternal. Dengan memanfaatkan setiap langkah pengguna sekitar 2,5 mil atau 4km untuk mengisi baterai ponsel berkapasitas 2.100 mAh.

3. Charger yang Bersumber Dari Panas Tubuh

Cara mengecas baterai yang untuk selanjutnya adalah dengan menjadikan panas tubuh sebagai sumber utama. Cara unik in dikembangkan oleh sebuah perusahaan teknologi yang berasal dari Inggris Vodafone bekerja sama dengan sejumlah ilmuwan dari University of Southhampton

Charger ini diberi nama The Power Pocket Charger juga hadir dengan desain yang sangat unik, yaitu berupa sebuah saku celana dan kantong tidur (sleeping bag). Saku celana dan kantong tidur terbuat dari sebuah bahan termokopel yang merupakan bahan termoelektrik yang sangat fleksibel dan efektif menghantarkan panas.

Cara kerja dari alat ini adalah dengan memanfaatkan suhu panas tubuh pengguna yang dil dialirkan melalui lapisan dalam termokopel saku celana atau kantong tidur, kemudian mengubahnya menjadi tenaga listrik yang digunakan untuk mengisi ulang daya baterai. Sebuah inovasi yang unik bukan?

4. Charger Kompor Power Pot

Alat komunikasi tidak hanya digunakan di dalam rumah saja. Namun juga sering digunakan di luar ruangan ketika ada kegiatan. Alat ini ditujukan untuk mereka yang suka kegiatan di luar ruangan seperti melakukan kemah. Cara kerja dari alat ini sangat sederhana, karena hanya menggunakan kompor buatan studio Brooklyn.

Sebuah generator thermoelectric disematkan dalam panci yang juga bisa digunakan untuk memasak. Sebuah slot USB terletak di bagian bawah kompor dan bisa menghasilkan listrik sebesar 5 – 10 watt.

5. Charger Yang Memanfaatkan Gowesan Sepeda

Bagi pencinta olahraga sepeda, kini bukan hanya baik untuk kesehatan saja. Namun juga dapat digunakan untuk menjadi charger baterai ponsel. Alatnya sudah dijual secara komersil, cara menggunakannya adalah dengan menggoes sepeda seperti biasa. Sebuah kabel USB dan generator melengkapi sepeda ini untuk mengubahnya menjadi daya bagi ponsel Anda.

itulah 5 cara mengecas baterai ponsel yang unik dan aneh. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari alternatif agar tidak kehabisan baterai dalam perjalanan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda