Lima ‘Dosa’ yang Kerap Dilakukan Ketika Minta Maaf

6
1533

Tidak ada satupun manusia yang terlepas dari perbuatan salah dan khilaf. Kebanyakan orang kerap melakukan kesalahan kepada pasangan ataupun orang yang berada di sekitar mereka.

Setelah melakukan kesalahan tidak jarang banyak orang yang kemudian meminta maaf. Ucapan maaf menjadi salah satu solusi agar hubungan yang telah terbina kembali berjalan dengan harmonis.

Akan tetapi dalam prosesi permintaan maaf tersebut ada saja kelakuan yang justru mengundang ‘dosa’ bagi yang melakukannya. Bahkan perbuatan tersebut sering tidak disadari. Lantas hal-hal apa sajakah yang dimaksud? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Permintaan Maaf Yang Berfungsi Sebagai Alasan

Ketika anda ingin meminta maaf kepada siapapun, pastikan anda terlebih dahulu meminta maaf yang ikhlas dan tulus, bukan untuk menutupi kesalahan anda dengan berbagai alasan.

Mengatakan “maafkan aku ya sayang” lebih baik daripada mengatakan, “Maafkan aku ya sayang, karena aku lelah di bawah tekanan dan di luar kendali” atau alasan apapun itu. Simpan alasan Anda, jika memang ditanya.

2. Minta Maaf Bersyarat

Meminta maaf seharusnya menjadi perbuatan baik yang dilakukan dengan penuh ketulusan dan kebesaran hati di dalam prosesnya.Penggunaan kata “jika” ketika meminta maaf akan terkesan menjadi sattu syarat ketika meminta maaf.

Contohnya adalah “Maaf jika aku menyakiti kamu” atau sejenisnya. Dengan meminta maafnya seharusnya Anda sudah sadar kalau telah menyakiti orang lain.

3. Air mata

Ketika anda meminta maaf atas sebuah kesalahan anda dan terkadang karena tidak bisa membendung rasa bersalah dan penyesalan membuat anda menitikkan air mata. Sebaiknya ketika minta maaf kurangi untuk mengeluarkan air mata, karena itu bisa saja menjadi boomerang untuk anda karena anda bisa saja disebut orang yang menangis seperti air mata buaya

4. Menyalahkan Orang Lain

Inilah kesalahan yang sering diperbuat ketika seseorang meminta maaf. Berharap orang lain memaafkannya dia malah menyalahkan orang lain untuk menutupi kesalahannya. Padahal ini merupakan salah satu hal yang akan membuat anda tampak bodoh dan tidak bertanggung jawab ketika meminta maaf kepada orang lain.

Meminta maaf dengan tulus dan mengakui kesalahan dengan jiwa besar merupakan salah kemenangan bagi anda yang melakukan kesalahan kepada orang lain.

5. Tidak Tegas

Permintaan maaf yang tidak tegas atau terkesan bertele-tele akan membuat anda menjadi seperti orang yang tidak niat untuk melakukan permintaan maaf. Permintaan maaf dengan menggunakan kalimat yang sopan dan to the point merupakan point lebih merupakan sesuatu hal yang akan bernilai positif untuk anda.

Demikianlah informasi mengenai lima dosa yang akan kita lakukan ketika proses minta maaf berlangsung. Sebagai orang yang bersalah sikap tulus dalam meminta maaf akan membuat derajat anda lebih tinggi.

6 KOMENTAR

  1. What’ѕ Going ɗown i аm new to this, I stumbled upon this I Һave discovered
    It absolutely helpful and it has helped me out loads.

    I’m hoping to give a contribution & help different users like its helped
    mе. Good job.

  2. What’s սp, constantly i used to ϲheck blоg posts heгe in the
    eɑгly hours in the dawn, becauѕe i loѵe
    to gain knowledge of more and more.

  3. Hi theгe to every body, it’s my fiгst pay a visit of this weblog; this
    web site contains awesome and genuinely fіne stuff designed for rеaders.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda