Waspada, Inilah Akibat Jika Tambahkan Susu dan Gula ke Dalam Secangkir Kopi

0
939

Kopi menjadi salah satu minuman yang paling digemari oleh hampir seluruh orang di dunia, tanpa terkecuali di Indonesia. Kopi sering dikonsumsi ketika sarapan, di waktu santai ataupun menjadi teman ketika begadang.

Ada begitu banyak selera orang dalam menikmati secangkir kopi, mulai dari kopi pahit yang tidak menggunakan gula, hingga yang memakai pemanis. Biasanya, untuk orang yang tidak terlalu menyukai kopi pahit, akan menambahkan gula ataupun susu ke dalamnya.

Akan tetapi, hal yang demikian ini justru akan menghilangkan rasa dan aroma alami dari biji kopi tersebut. Tidak hanya itu, ternyata ada dampak tersendiri bagi apabila seseorang sering memasukan gula dan susu ke dalam cangkir kopinya. Dampak apakah yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya.

Penelitian telah dilakukan oleh para peneliti dari dari Universitas Illinois di Urbana-Champaign dan Universitas California, San Diego terkait kebiasaan orang mencampurkan gula dan susu ke dalam secangkir kopi yang dikonsumsi setiap hari. Penelitian tersebut melibatkan 19.400 peminum kopi dan teh.

Ternyata, apabila kita menambahkan satu sachet gula saja ke dalam kopi, maka itu akan setara dengan 11 kalori. Sedangkan satu sendok makan susu bisa mengandung 9 kalori. Tentu saja akan jumlah tersebut akan lebih sesuai selera yang mengkonsumsinya.

Hal ini dikuatkan dengan pendapat dari ketua peneliti bernama Ruopeng An, PhD, yang mengungkapkan bahwa peminum kopi itu rata-rata mendapatkan tambahan lebih dari 69 kalori per hari. Terlebih lagi biasanya seseorang meminum lebih dari dua cangkir kopi.

Dampak dari banyaknya kalori yang dikonsumsi saat minum kopi tersebut adalah membuat Anda gagal diet. Hal tersebut dikarenakan asupan kalori yang lebih tinggi ini akan membuat kita gagal dalam program penurunan berat badan.

Bahkan apabila sering mengkonsumsi kopi atau teh dengan menggunakan tambahan gula, atau susu justru akan meningkatkan berat badan. Terlebih lagi apabila tidak diimbangi dengan olahraga, justru akan mempercepat gagalnya diet yang dilakukan.

Demikianlah informasi mengenai akibat menambahkan susu dan gula ke dalam secangkir kopi. Ternyata kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda