Tak Disangka, Tujuh Hal Ini Dapat Dilihat Dari Hasil Tes Darah

0
93

Darah merupakan salah satu komponen dalam tubuh manusia. Cairan yang satu ini memiliki fungsi penting untuk mengirimkan zat-zat serta oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh manusia. Bahan-bahan kimia inilah yang berfungsi untuk pertahanan tubuh dari beragam virus dan juga bakteri.

Darah juga dapat menjadi salah satu hal yang bisa dites untuk melihat apakah tubuh terkena penyakit. Tes darah ini dapat mengungkapkan beberapa hal yang bersangkutan dengan masalah kesehatan tubuh seperti jumlah sel darah putih.

Akan tetapi, ternyata ada beberapa hal lagi yang bisa dilihat dari tes darah yang kita lakukan. Bahkan tidak banyak orang yang bisa mengetahuinya, hanya terbatas pada para dokter yang melakukan pemeriksaan saja.  Hal apa sajakah yang dapat dilihat dari tes darah tersebut? Berikut informasinya.

1. Usia Anda

Hal pertama yang tidak disangka dapat dilihat oleh seorang dokter dari tes darah adalah usia. Usia manusia dibagi atas dua, yang pertama usia kronologis yakni jumlah waktu yang telah berlalu sejak seseorang dilahiran.

Kedua adalah usia biologis yakni usia yang mengacu pada usia tubuh dan sistem internal dibandingkan dengan orang lain dalam kelompok usia yang sama. Usia inilah yang dapat dilihat oleh dokter dari hasil tes darah.

Contohnya, usia kronologis sekarang 42 tahun, bisa saja usia biologinya menyerupai orang yang berusia 38 tahun. Penyebabnya adalah pola hidup sehat yang sering diterapkan dibandingkan dengan teman-teman seusianya.

Pola hidup sehat menjadi hal yang membuat usia biologis seseorang lebih muda dibandingkan dengan usia kronologisnya. Apabila seseorang gemar merokok, tidak berolahraga dan melakukan gaya hidup tidak sehat lainnya maka usia biologis mereka bisa 2-6 tahun lebih tua dibanding orang seusianya yang menjalankan pola hidup sehat.

2. Risiko Anda Terkena Alzheimer 10 Tahun dari sekarang

Di dalam darah terdapat sekelompok kecil protein. Menurut sebuah studi yang dilakukan seorang peneliti di Inggris pada tahun 2015 lalu, ternyata protein ini dapat menunjukkan risiko seseorang untuk terkenanya Alzheimer 10 tahun dari sekarang.

3. Potensi Mengalami Gegar Otak

Hasil tes darah yang telah dilakukan seseorang ternyata juga dapat membantu  dokter untuk melihat potensi anda akan mengalami gegar otak atau tidak. Orang yang terkena benturan ataupun pukulan sangat berpotensi terkena gegar otak atau bahkan masalah kognitif jangka panjang.

Berdasarkan hasil penelitian terbaru yang dimuat oleh JAMA Neurology mengungkapkan bahwa tes darah sederhana yang menggunakan protein sebagai penanda bisa mengungkapkan apakah seseorang terkena gegar otak setelah terkena benturan.

4. Tingkat Gangguan Emosi

Selain dapat melihat potensi gegar otak, dokter juga dapat melihat bagaimana tingkat gangguan emosi seseorang dari hasil tes darah yang sudah mereka lakukan.  Berdasarkan sebuah penelitian terbaru dari Austria yang berhasil mengindentifikasi zat kimia tertentu di otak yang juga ditemukan dalam darah, ternyata dapat menunjukkan tingkat hormon kebahagiaan seseorang.

5. Setiap Sakit Flu yang Pernah Dialami

Hal selanjutnya yang juga dapat dilihat dari hasil tes darah adalah riwayat sakit flu yang pernah dialami oleh orang tersebut. Ternyata darah juga dapat mengungkapkan jejak virus sakit yang pernah dialami. Berdasarkan penelitian terbaru di jurnal Science, tubuh Anda mengembangkan antibodi untuk menangkis penyakit dan jejak antibodi terus ada di dalam aliran darah selama sisa hidup Anda.

6. Risiko Alkoholisme

Di dalam darah terdapat zat kimia yang disebuat dengan “PEth”. Apabila di dalam hasil tes darah terdapat zat kimia ini maka itu menandakan bahwa orang tersebut berisiko rentan terhadap alkoholisme.

Para peneliti yang berasal dari University of Illinois menemukan lonjakan PEth dalam darah mahasiswa yang sering terlibat dalam pesta minuman keras.

7. Tingkat Kecemasan Seseorang

Hal terakhir yang juga dapat dilihat dari hasil tes darah adalah tingkat kecemasan seseorang. Biasanya apabila orang mengalami rasa cemas atau stres maka dapat dilihat dari gejala fisik berupa ketegangan bahu atau jantung yang berdetak lebih kencang.

Seorang peneliti dari Hebrew University di Yerusalem mengatakan, mereka bisa melihat seberapa tingkat kecemasan seseorang dari jenis protein tertentu di dalam darah. Dengan memeriksa protein tersebut, maka dokter dapat mengetahui apakan kecemasan itu masih bisa dikontrol atau tidak.

Demikianlah informasi mengenai tujuh hal tak terduga yang dapat dilihat dari hasil tes darah. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda